Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG PANJANG DIPOT/POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG PANJANG DI POT / POLIBAG, Kacang panjang merupakan tanaman yang di manfaatkan sebagai sayuran yang mengandung banyak protein ,vitamin ,fosfor kalium dan lain-lain. Tanaman kacang panjang mudah hidup disegala tempat yang ada media tanamnya .


                               


          

Di sekitar kita bila ada tempat  bisa dimanfaatkan untuk menanam kacang panjang secara organik yaitu dengan ditanam di pot-pot atau polibag ,hasil dari menanam dapat untuk memenuhi kebutuhan dapur. 
Disini akan saya sampaikan cara menanam / budidaya kacang panjang di pot /polibag.

Bahan –bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1.     Pot atau polibag
Sediakan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm bisa juga menggunakan kaleng / timba bekas.

2.     Bokashi atau kompos
Sedikan bokashi atau kompos karena bokashi atau kompos mengandung unsur hara lebih baik yang di butuhkan untuk pertumbuhan.

3.     Bibit kacang panjang
Pilih bibit kacang panjang yang berkualitas baik, genjah dan sesuai keinginan ,bibit kacang panjang bisa diperoleh di toko / kios pertanian

4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil, ajir / tajuk dan tali.


Menanam / budidaya kacang panjang di pot /polibag

Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 lalu tambahkan furadan 4-5 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil sampai merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. Kemudian siram dengan dengan air sampai merata.

Selanjutnya ,benamkan benih kacang panjang 3 -4 biji tiap pot /polibag sedalam 3 cm kemudian tutup dengan sedikit tanah.


             




Perawatan kacang panjang

Penyiraman tanaman yang masih baru dilakukan tiap hari ,pagi dan sore dan bila tumbuh penyiraman dilakukan  1 kali sehari.

Pemupukan tanaman pada umur 2 minggu untuk pemupukan pertama, pupuk yang dipakai jenis NPK dosis pemakaian 2 sendok makan dan tambahkan bokashi ,bila sudah tumbuh ,tambahkan sampai 3 sendok makan. Bila sudah berbunga pemupukan dilakukan satu minggu sekali .Cara pemupukan : buatkan parit melingkar kemudian taburkan pupuk dan ditutup dengan tanah selanjutnya disiram sampai merata.

Penyiangan /pembersian gulma dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput liar telah tumbuh, ini dilakukan agra tanaman kacang panjang tidak terganggu.

Perambatan tanaman, pasang ajir / tajuk untuk merambatkan batang atau golor  tanaman agar tumbuh keatas gunakan tajuk atau pasang tali kawat.


        
                      


Pengendalian hama dan penyakit , gunakan insektisida hayati untuk penanggulangan hama sedangkan fungisida juga hayati agar buah kacang panjang sehat di konsumsi.


Pemanenan  kacang panjang.

Tanaman kacang panjang sudah bisa dipetik mulai umur 45 hst ,panen dapat dilakukan interval 3- 4 hari. Ciri buah yang sudah siap dipanen yaitu : warna buah sudah agak pudar , lingkar buah sudah maksimal .



       


            

Demikian tentang cara menanam / budidaya kacang panjang di pot / polibag .  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG PANJANG DIPOT/POLIBAG"