Latest News

CARA MENANAM /BUDIDAYA MENTIMUN DI POT /POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA MENTIMUN DI POT /POLIBAG , tanaman mentimun adalah jenis tanaman sayuran yang dimanfaatkan buahnya . tanaman ini tumbuh disekitar kita dan mudah sekali untuk di budidayakan baik dilahan /sawah ataupun dikebun –kebun yang tidak ada jalur irigasinya ,yang tidak ada jalur irigasinya ,kita bisa menyiran / kocor untuk memenuhi kebutuhan airnya .


                 



Selain itu kita juga bisa menanam /budidaya mentimun di wadah pot /polibag. Dengan perawatan yang baik budidaya mentimun di pot / polibag juga bisa menghasilkan buah yang baik dan melimpah . di sini akan saya sampaikan caranya :


Berikut ini cara menanam / budidaya mentimun dipot /polibag.

Bahan –bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1.     Pot atau polibag
Sediakan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm bisa juga menggunakan kaleng / timba bekas bila mengunakan kaleng / timba bebas ,bagaian bawahnya harus di lubangi untuk membuang air penyiraman.

2.     Bokashi atau kompos
Sedikan bokashi atau kompos karena bokashi atau kompos mengandung unsur hara lebih baik yang di butuhkan untuk pertumbuhan,dan bokashi telah bersih dari gas amoniak  kotoran hewan.

3.     Bibit mentimun
Pilih bibit mentimunyang berkualitas baik, genjah dan sesuai keinginan ,bibit mentimun bisa diperoleh di toko / kios pertanian

4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil, ajir / tajuk dan tali.


Menanam / budidaya mentimun di pot /polibag

Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 lalu tambahkan furadan 4-5 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil sampai merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. Kemudian siram dengan dengan air sampai merata.

Selanjutnya ,benamkan benih mentimun 3  biji tiap pot /polibag sedalam 3 cm kemudian tutup dengan sedikit tanah. Atau dengan cara disemaikan dulu benihnya seperti disini baru setelah tumbuh dipindah ke pot /polibag.



                  


            

Perawatan mentimun
Penyiraman tanaman yang masih baru dilakukan tiap hari ,pagi dan sore tetapi jangan sampai berlebihan airnya dan bila tumbuh penyiraman dilakukan  1 kali sehari.

Pemupukan tanaman pada umur 10 hari untuk pemupukan pertama, pupuk yang dipakai jenis NPK dosis pemakaian 2 sendok makan dan tambahkan bokashi ,bila sudah tumbuh ,tambahkan sampai 3 sendok makan. Bila sudah berbuah pemupukan dilakukan satu minggu sekali .Cara pemupukan : buatkan parit melingkar kemudian taburkan pupuk dan ditutup dengan tanah selanjutnya disiram sampai merata.

Penyiangan /pembersian gulma dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput liar telah tumbuh, ini dilakukan agar tanaman mentimun tidak terganggu.

Perambatan tanaman, pasang ajir / tajuk untuk merambatkan batang atau golor  tanaman agar tumbuh keatas gunakan tajuk atau pasang tali kawat.

Pemangkasan daun mentimun dilakukan bila tanaman tumbuh terlalu subur ,daun bagaian bawah tanaman yang kering dan hijau  dipangkas dan dibuang agar sirkulasi udara dapat masuk .                         

Pengendalian hama dan penyakit , gunakan insektisida hayati untuk penanggulangan hama sedangkan fungisida juga hayati agar buah mentimun sehat untuk  konsumsi.


           




Pemanenan  mentimun.

Tanaman mentimun sudah bisa dipetik mulai umur 35 hst ,panen dapat dilakukan interval 3  hari. Ciri buah yang sudah siap dipanen yaitu : warna buah sudah agak pudar, halus  ,besar buah telah maksimal.


                      
    

          

Demikian tentang cara menanam / budidaya mentimun di pot / polibag .  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 Response to "CARA MENANAM /BUDIDAYA MENTIMUN DI POT /POLIBAG"