Latest News

CARA MEMILIH BIBIT KACANG TANAH



CARA MEMILIH BIBIT KACANG TANAH, Memilih bibit kacang tanah atau seleksi bibit sangat perlu dilakukan sebelum melakukan budidaya , budidaya apapun, karena bibit suatu tanaman mempengaruhi kelangsungan hidup ,cara perawatan dan hasil panen , memilih bibit kacang tanah yang tepat dapat memudahkan perawatan ,memberikan hasil panen yang berlimpah .



            




Di setiap daerah ,dalam memilih bibit kacang tanah  tentunya tidak sama, jenis varietas yang cocok mungkin berbeda ,ada yang cocok jenis hibrida atau lokal dan lain sebagainya , mungkin faktor tanah yang mempengaruhinya.

Berikut ini pengalaman saya dalam memilih bibit kacang tanah di daerah saya , yaitu daerah Kediri dan sekitarnya ( tanah pasir dan branjangan / tanah pasir campur tanah liat).

    Dari jenisnya didaerah saya cocok dengan kacang tanah  lokal.
     Kacang tanah lokal yang mempunyai kulit halus dapat mempunyai biji yang padat dan rapat, memberikan hasil yang maksimal dibanding kacang hibrida ,kacang hibrida biasanya buah tidak penuh ,bila buah digerakan terasa bunyi berarti biji tidak rapat dan padat.



              





    Dari cara pengupasan kulit kacang tanah

  Bibit kacang tanah harus dikupas dengan tangan biasa  atau cara menual karena biji kacang tanah sangat rentan terhadap hentakan berlebihan bila dikupas dengan mesin ,menyebabkan biji kacang tanah akan retak bakal tunasnya , bagaian luar terlihat bagus tetapi bakal tunasnya biasanya retak terkena guncangan berlebihan ,kelihatan setelah ditanam dan tumbuh beberapa hari .tanaman akan banyak yang layu dan mati.



                             



                  
Penyeleksian bibit kacang tanah dari bentuk dan warna.

   Pilih bibit / biji kacang tanah ukuran sedang dan besar ,ukuran besar bila ditanam mempunyai daun yang langsung vigor atau lebat , lebar dan lebih tahan  serangan hama dan penyakit, tetapi akan membutuhkan biji yang lebih banyak di banding dengan ukuran sedang . Biji kacang tanah yang berwarna agak kehitaman , keriput dan terlalu kecil di seleksi dan di sisihkan ,karena bila di tanam akan tumbuh daun kecil dan mudah terserang layu sehingga cepat mati.  untuk ukuran benih sebaiknya pilih yang ukuran sedang karena lebih ekonomis dan tumbuh cukup baik.
                
 Demikian tentang  cara memilih bibit kacang tanah . semoga bermanfaat .


0 Response to "CARA MEMILIH BIBIT KACANG TANAH"