Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KECIPIR DI POT/ POLIBAG





CARA MENANAM / BUDIDAYA KECIPIR DI POT / POLIBAG , Kecipir adalah tumbuhan merambat dari jenis kacang kacangan,tumbuhan ini dimanfaatkan daun muda dan buah untuk bahan sayuran ,karena mengandung banyak vitamin dan serat. Tanaman ini mudah di budidayakan baik dilahan yang luas atau di pekarangan rumah yang mempunyai keterbatasan tempat.


       



Budidaya kecipir bila dilakukan di rumah harus di tempatkan di pot –pot atau polibag kemudian ditata sedemikian rupa agar terlihat indah ,selain untuk hiasan atau tumbuhan hijau juga bisa di manfaatkan untuk sayuran untuk memenuhi kebutuhan rumah.

Berikut ini saya sampaikan  cara menanam / budidaya kecipir di pot / polibag .

Bahan –bahan yang perlu disiapkan antara lain :

1.     Pot atau polibag
Siapkan pot atau polibag diameter minimal 20 cm ,tinggi 30 cm atau bisa juga timba bekas dan buat lubang bagaian bawahnya untuk drainase.

Siapkan bokashi atau kompos  yang telah masak / jadi karena gas amoniaknya sudah hilang , bokashi dipilih karena mempunyai unsur hara yang lebih lengkap unutk pertumbuhan tanaman.

3.     Bibit kecipir
Bibit kecipir berasal dari buah kecipir yang di biarkan tua dan kering dipohon ,kemudian dipetik ,dikupas dan dijemur beberapa hari agar kering , atau membeli di toko pertanian , pilih yang varietas bagus dan genjah.

4.     Tajuk / ajir untuk media rambat
Tajuk /ajir diperlukan untuk perambatan tanaman agar tumbuh keatas memudahkan perawatan, pilih tajuk yang kuat karena tumbuhan kecipir dapat tumbuh tinggi dan mempunyai daun yang lebat.

5.     Bahan yang diperlukan lainnya : selang ,air, sekop kecil ,gembor, furadan ( obat anti hama)


Cara menanam kecipir di pot /polibag

Bokashi / kompos  di campur dengan tanah perbandingan 2:1 . bokashi 2 ,tanah 1 kemudian tambahkan insektisida Furadan untuk mencegah hama dari tanah, aduk sampai merata ,selanjutnya masukan ke dalam pot / polibag .

Menanam kecipir dimulai dengan menyiram bokashi yang bercampur dengan tanah sampai basah merata ,selanjutnya benamkan biji kecipir sedalam 3 cm , tiap polibag diisi sampai tiga biji menyebar ,kemudian tutup dengn tanah.

          




Perawatan tanaman kecipir.

Penyiraman pada tanaman yang masih baru dilakukan tiap hari pagi atau sore ,penyiraman jangan terlalu berlebihan ,cukup basah tanahnya saja. Bila telah tumbuh dapat dikurangi menjadi dua hari sekali tapi airnya harus lebih banyak,diperkirakan mencukupi kebutuhan tanaman . penyiraman juga dilakukan setiap setelah pemupukan,agar pupuk cepat larut dan meresap.

Pembersihan rumput liar dilakukan 10 hari  sekali atau bila rumput pengganggu telah tumbuh dengan cara dicabut sampai akarnya,agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Pemupukan pertama dilakukan pada umur 2 minggu ,kemudian 4 minggu dan bila telah berbuah ,pemupukan dilakukan 10 – 14 hari sekali , pupuk yang digunakan jenis NPK takaranya 1 sendok makan untuk tanaman yang kecil , bila telah tumbuh dan berkembang tambahkan sesuai kebutuhan dan tambahkan bokashi. Atau gunakan pupuk organik cair tetapi waktu dimajukan menjadi 1 mniggu sekali, setelah pemupukan harus dilakukan penyiraman sampai pupuk larut .

Memasang ajir / tajuk untuk merambatkan tanaman agar tanaman tumbuh keatas dan tertata rapi , pilih tajuk yang kokoh ,memasang tajuk/ ajir dilakukan pada umur 2 minggu 

.
Penanggulangan  Hama dan penyakit 

Untuk membasmi hama dan penyakit , lakukan pemetikan dan pembuangan telur , ulat daun dan daun yang terserang hama dan penyakit  agar tidak menyebar dan gunakan pestisida hayati ramah lingkungan agar daun dan buahnya sehat di konsumsi.


Panen kecipir 

Buah kecipir muda dapat dipetik mulai umur 2,5 – 3 bulan tergantung varietas dan perawatannya, pemetikan dilakukan 3 - 4 hari sekali dan bisa hidup sampai 12 bulan , bila buah kecipir yang tertinggal , dibiarkan sampai tua dan kering ,dapat di gunakan untuk bibit .

   
                           

Demikian  cara menanam / budidaya kecipir di pot /polibag . semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KECIPIR DI POT/ POLIBAG"