Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BUAH MULWO DI POT





CARA MENANAM / BUDIDAYA BUAH MULWO DI POT , Buah mulwo  ( Anona retiiculata L )  mempunyai nama yang berbeda disetiap daerah antara lain : srikaya doke ,srikaya susu,buah nona, buah unah, manowa,anano dan lainnya. Tanaman ini termasuk dalam keluarga tanaman srikaya ,mempunyai bentuk buah dan daging mirip srikaya tetapi agak kecil dan berasa manis . membudidayakan buah mulwo bisa dilakukan di kebun yang luas atau bisa juga di pot–pot atau drum dan timba bekas.
  




Berikut ini saya sampaikan cara menanam / budidaya buah mulwo di pot 

Bahan –bahan yang perlu disiapkan antara lain :

     1.   Pot yang besar / drum bekas

Pilih pot atau drum bekas yang besar yang mempunyai diameter minimal 40 cm dan tinggi 50 cm ,karena tanaman mulwo adalah tanaman buah  yang mempunyai perakaran yang kuat dan banyak , dapat berkembang besar maka memerlukan media tanam yang cukup luas ,maka pot yang besar  / drum bekas cocok untuk tempat menanam.


2.        Bokashi atau kompos

Bokashi atau kompos diperlukan untuk media tanam karena mengandung unsur hara yang lebih lengkap  untuk pertumbuhan tanaman. Bokashi sudah tidak mengandung gas amoniak yang menyebabkan tanaman layu dan mati .


3.        Bibit mulwo



                
Bibit mulwo berasal dari biji buah mulwo yang sudah masak di pohon ,berwarna hitam ,di ambil dan di kumpulkan lalu dijemur 2 hari kemudian disemaikan .atau membeli  bibit mulwo yang genjah bersertifikat dan terjamin kualitasnya , bibit ini dapat diperoleh di pusat pembibitan,


4.        Bahan yang diperlukan lainnya :Air ,selang ,cangkul, furadan 3g.



Cara menanam / budidaya mulwo  di pot / drum bekas

Bokashi / kompos di campur dengan tanah perbandingan 1:1 ,kemudian tambahkan  Furadan 3g  4 sendok makan  atau tergantung jumlah tanah / bokashinya selanjutnya aduk dengan cangkul sampai bercampur merata .

Siapkan pot ukuran sedang /  besar atau drum bekas dan pada bagaian bawahnya di beri lubang untuk drainase. Selanjutnya masukkan bokashi bercampur dengan tanah kira –kira 20 cm lalu dengan air siram sampai merata ,kemudian  masukkan bibit mulwo   dan jangan lupa lepas plastik polibagnya agar pertumbuhan tidak terganggu, kemudian timbun dengan bokashi campur tanah sampai 40 cm selanjutnya siram merata padatkan dengan ditekan dan pasang tajuk di ikat dengan  tali agar tanaman tidak bergoyang. 

Letakkan tanaman ditempat yang teduh selama 2 minggu ,kemudian setelah tumbuh tunas  baru dipindah ke tempat terbuka , Bila menanam dengan bijinya ,masukkan / benamkan biji mulwo 3-4  biji  sedalam 3 cm kemudian tutup dengan tanah.


Perawatan tanaman mulwo

Penyiraman dilakukan tiap hari pagi atau sore hari ,agar tanaman tetap segar dan tercukupi kebutuhan airnya.penyiraman jangan terlalu banyak ,cukup basah saja  ,sedangkan bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 2 hari sekali pagi atau sore hari.
 
Pemupukan dilakukan pada umur 2 bulan pupuk yang digunakan bisa pupuk cair organik atau  jenis NPK  100 gram per batang dan bokashi , pemupukan selanjutnya dilakukan 3 bulan sekali dengan dosis ditambahkan sesuai tinggi dan besar batang tanaman . cara pemupukan di buatkan parit melingkar dan ditutup kembali setelah pupuk di berikan kemudian dilakukan penyiraman dan jangan lupa tambahkan bokashi.

 Pembersihan gulma dilakukan dua minggu sekali atau bila telah tumbuh tumbuhan pengganggu,sedangan pembubunan dilakukan ketika tanah yang ada di batang tanaman longsor / tergerus akibat penyiraman

Pemangkasan dilakukan ketika tanaman sudah rimbun kira –kira umur 2 tahun berfungsi untuk membentuk tanaman , agar tanaman tidak terlalu tinggi bagain atasnya di potong  dan cabang yang tidak produktif di hilangkan.

Seleksi buah dilakukan untuk mendapatkan buah yang mempunyai ukuran seragam yaitu mengurangi buah / membuang buah yang cacat atau terserang penyakit  dan juga yang padat bergerombol di kurangi.

    
                  

Hama dan penyakit mulwo

Hama yang menyerang antara lain lalat buah, kutu putih,cabuk ,ulat daun cara penanggulangan gunakan insektisida hayati .atau bila tidak mampu gunakan insektisida kimia bahan aktif Imidakloprit ( Interprit, confidor ) sipermetrin ( buldog, )

Penyakit yang menyerang antara lain : jamur upas ,kanker batang ,busuk buah gunakan juga fungisida hayati atau kimia bahan aktif iprodium, mancozeb.


Panen mulwo

Tanaman mulwo yang berasal dari perbanyak vegetatif ( cangkok , setek, sambung pucuk ) mulai berbunga umur 2 tahun dan 3,5 -4 bulan sudah masak dan dipetik atau tergantung perawatannya. Ciri –ciri buah yang telah masak ditandai dengan warna buah kekuningan ,buah terasa lunak ,beraroma harum. Cara panen dengan dipotong tangkai buah menggunakan gunting / pisau.
     


Demikian  cara menanam / budidaya buah mulwo di pot / drum bekas . semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


5 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BUAH MULWO DI POT "

  1. Kalo ini gambar srikaya. Bukqn mulwo. Mulwo lain lagi

    ReplyDelete
  2. Artikel nya buah mulwo...
    Tapi kok isinya buah nona..... beda banget lho..... jangan sampai pembaca jadi malah bingung.

    ReplyDelete
  3. Artikel nya buah mulwo...
    Tapi kok isinya buah nona..... beda banget lho..... jangan sampai pembaca jadi malah bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf didaerah saya itu namanya buah mulwo,kemulwo,kluwo,kanowa.juga buah nona, kalo makassar srikaya susu, bugis srikaya doke dan masih banyak lagi tiap daerah mungkin punya nama sendiri-sendiri.

      Delete
  4. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat,,
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete