Latest News

CARA MENYEMAIKAN / MENUMBUHKAN LABU SIAM DARI BUAHNYA





CARA MENYEMAIKAN / MENUMBUHKAN  LABU SIAM DARI BUAHNYA, Tanaman labu siam adalah tanaman yang dimanfaatkan buah dan daun untuk sayuran,untuk menanam labu siam tidak langsung dengan buahnya yang sudah tua ,akan tetapi harus melalui persemaian yang agak lama dan harus bersabar .karena harus melalui beberapa tahapan ,untuk menumbuhkan tunas pada buah labu siam sampai bisa di pindah / ditanam membutuhkan waktu sampai 8 minggu.


   




Berikut ini beberapa langkah untuk menumbuhkan labu siam :

     Memilih buah labu siam yang sudah tua ,buah yang berwarna hijau gelap yang mempunyai ukuran cukup besar agar pertumbuhan nantinya bongsor dan cepat berkembang.

     Siapkan bokashi / kompos untuk media persemaiannya , bokashi / kompos mengandung unsur makro dan mikro yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman dan telah bersih dari gas amoniak yang menyebabkan tanaman layu dan mati.

     Persiapkan pot ukuran sedang diameter 20 cm atau lebih sedikit , karena mudah memindah bila hujan turun karena persemaian hanya memerlukan sedikit air agar buah labu siam tidak busuk.


               

      

Menumbuhkan /menyemaikan labu siam 

   Isi pot / polibag dengan bokashi atau kompos sampai agak penuh ,sisakan sedikit untuk menahan air bila dilakukan penyiraman. Kemudian masukkan / benamkan buah labu siam yang telah di pilih kedalam pot/ polibag.dengan posisi bakal tunas dan akar diatas.

  Penyiraman dilakukan bila diperlukan saja ,yaitu 4 hari sekali dan jangan terlalu banyak ,hanya cukup basah saja, karena bila terlalu banyak menyebabkan buah labu siam mudah busuk.

  Pembersihan rumput liar disekitar labu siam dilakukan 2 mingu sekali atau bila rumput penggangu telah tumbuh.

      Pertumbuhan buah labu siam pada persemaian ketika umur 1 minggu setelah pesemain baru terlihat merekah pada bakal tunasnya, kemudian pada minggu ketiga tunas dan akar mulai terlihat, dan pada minggu ke 5 batang mulai menjulur dan akarnya mulai berkembang pada waktu ini dapat ditambahkan tanah pada akar tanaman labu siam .


      



     Selanjutnya pada umur 8 minggu ketinggian sulur / jalar mencapai 30 cm.  Pada saat ini lah labu siam dapat dipindahkan ke tempat penanaman.

                     
            

Demikian cara menyemaikan / menumbuhkan labu siam dari buahnya. Semoga bermanfaat.


1 Response to "CARA MENYEMAIKAN / MENUMBUHKAN LABU SIAM DARI BUAHNYA"