Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGA KAMBOJA



CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGA KAMBOJA, Bunga kamboja adalah jenis tanaman hias yang mempunyai nama latin Plumeria .Tanaman ini mudah tumbuh di segala tempat ketinggian baik dataran rendah maupun tinggi. Untuk membudidayakan sangat mudah dengan biji maupun setek batangnya berikut ini cara membudidayakan bunga kamboja dengan setek batang


  



Pilih batang / cabang  yang sehat ,dan sudah cukup  berumur dan  yang lurus ,kemudian potong beberapa cm dan tancapkan pada plastik polibag yang sudah berisi  bokashi sedalam 10 cm, kemudian pindahkan ketempat yang agak teduh agar mudah perawatannya.

Penyiraman dilakukan setiap hari untuk tanaman yang masih baru dan bila sudah tumbuh penyiraman dilakukan dua hari sekali .

PEMINDAHAN TANAMAN

Pemindahan tanaman dilakukan bila tanaman sudah hidup dan mempunyai beberapa helai daun apabila kita ingin menanam di halaman atau samping rumah, bila ingin tetap di polibag tinggal merawatnya saja.

Untuk memindah tanaman bunga kamboja perlu diingat yaitu saat pemindahan tanaman ,tanah yang melekat pada akar jangan sampai lepas agar tanaman tidak mengalami stagnan dan stress.

Buat lubang tanam diameter 30 cm dan kedalam 30 cm kemudian masukkan bokashi setengahnya dan sedikit obat pencegah hama yaitu Furadan 2 sendok makan lalu siram dengan air sampai basah merata

Penanaman bunga kamboja , lepaskan plastik polibag dengan cara tanaman dibalik dan ditahan tanahnya agar tidak lepas kemudian plastik di ditarik keatas lalu masukan ke lubang tanam dan tambahkan tanah bokashi sampai penuh ,kemudian siram dengan air sampai basah merata dan pasang ajir / tajuk agar batang tidak bergoyang.


Perawatan tanaman

 Penyiaman dilakukan setiap hari ,pagi atau sore hari, bila tanaman sudah tumbuh penyiraman dilakukan 2- 3 kali sehari ,melihat kondisi tanah pada batang tanaman.

Pemupukan ,untuk mempercepat pemupukan tanaman ini perlu di pupuk , gunakan pupuk cair organik 2- 3 sendok makan atau 30ml tiap tanam kemudian siram sampai pupuk hilang larut. Pemupukan juga bisa digunakan sedikit pupuk kimia untuk merangsang pertumbuhan daun dan batang ( Urea + Phonska 1-2 sendok makan tiap batang) tetapi lebih baik tambahkan bokashi setiap pemupukan. setelah tumbuh tinggi ,pemupukan dengan menggunakan bokashi atau pupuk kompos saja dengan cara menggali parit disekitar batang tanaman kemudian pupuk di timbun dan ditutup dengan tanah kembali selanjutnya dilakukan penyiraman merata.

Pemangkasan dilakukan untuk membentuk cabang yang diinginkan atau memangkas cabang yang tidak sehat dan terkena penyakit.ini dilakukan bila tanaman telah tumbuh rimbun dan bercabang banyak.






Demikian cara menanam / budidaya bunga kamboja .semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGA KAMBOJA"