Latest News

CARA MEMBUAT BIBIT GAMBAS SENDIRI



CARA MEMBUAT BIBIT GAMBAS SENDIRI, Bibit gambas atau biji gambas mempunyai  bentuk yang besar ,bila kita menanam gambas akan memerlukan biji yang banyak, dalam satu kemasan 10 gram hanya berisi beberapa butir saja dan hanya cukup untuk tanam beberapa lubang saja sehingga untuk menanam gambas satu petak saja memerlukan beberapa sachet / kemasan yang harganya lumayan mahal ,dan itu akan  mengeluarkan banyak uang.


                  



 Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara untuk menekan biaya pembelian bibit tanaman gambas yaitu dengan membuat bibit gambas sendiri atau penangkaran sendiri. Caranya sebagai berikut :

Seperti biasa, kita menanam gambas untuk keperluan konsumsi dan yang lebih utama pilih  bibit gambas  yang unggul /F1, perawatan seperti biasa pada budidaya gambas pada umumnya akan tetapi pada saat panen ke -3 ,sisakan beberapa buah gambas yang super ( bentuknya panjang, sehat ,tidak terserang penyakit ) biarkan buah gambas sampai menjadi tua di pohon dan kemudian kering atau setengah kering.


                        



Selanjutnya petik buah gambas yang sudah tua dan jemur beberapa hari di terik matahari sampai benar- benar kering, kemudian bibit gambas bisa disimpan atau di tanam , bibit gambas ini ( biji masih dalam buah gambas yang kering ) dapat disimpan sampai 1 tahun (pengalaman saya ) cara menyimpanya dengan cara di tempatkan pada tempat yang kering .


       



Bila ingin ditanam ,tinggal dikeluarkan bijinya dari buah gambas dengan cara menyobek /menekan bagaian ujungnya , kemudian dijemur di terik matahari 2-3 hari, selanjutnya biji gambas dapat di tanam atau disemaikan.


Demikian cara membuat bibit gambas sendiri ,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 Response to "CARA MEMBUAT BIBIT GAMBAS SENDIRI"