Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA POHON TURI



CARA MENANAM / BUDIDAYA POHON TURI, Tanaman Turi atau Sesbania grandiflora tanaman ini dipercaya berasal dari Asia Selatan atau Asia Tenggara dimanfaatkan bunganya untuk sayuran ,daunnya yang mempunyai nutrisi yang tinggi untuk makanan ternak .



         





Menanam atau membudidayakan sangat mudah ,bisa dilakukan disamping rumah atau di pinggir –pinggir sawah dan di manfaatkan bunganya untuk sayuran .

Berikut ini cara menanam atau budidaya pohon Turi

Persiapan lahan

Tanah digemburkan ( di buat bedengan bila menanam di sawah ) bila menanam di parit atau di pekarangan cukup di gemburkan saja dengan cangkul

Bibit Turi disiapkan
Bibit Turi berasal dari buah turi yang berupa polong tua yang kering kemudian dikeluarkan bijinya dan dijemur beberapa hari agar kering,setelah itu biji Turi siap di tanam.


                            





Penanaman pohon Turi

Siram tanah yang akan ditanaman dengan air sampai basah merata, kemudian buat lubang dengan tugal sedalam 5 cm,selanjutnya masukkan biji Turi 2 biji tiap lubang dan tutup dengan komposatau bokashi lalu siram dengan air lagi .


Perawatan tanaman

Penyiraman dilakukan 2 hari sekali dan bila telah tumbuh penyiraman dapat di kurangi di sesuaikan kebutuhan ( bila tanah terlihat kering).

Pemupukan perlu dilakukan untuk membuat tanaman vigor , gunakan pupuk kandang atau kompos agar tanaman berbunga banyak dan bisa dimanfaatkan bunganya.

Pemangkasan dilakukan pada ranting yang kering  atau yang terserang penyakit .
Pemanfaat dari tumbuhan Turi.



              



Setelah tanaman tumbuh agak tinggi ,bunganya dapat di petik tiap hari untuk sayuran,sedangkan daunnya untuk makanana ternak.


Demikian cara menanam/ budidaya  pohon Turi. Semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA POHON TURI"