Latest News

CARA MEMBUAT BIBIT JAGUNG MANIS SENDIRI



CARA MEMBUAT BIBIT JAGUNG MANIS SENDIRI, Bibit jagung manis dari pabrik yang dikemas, mempunyai berat sekitar 100 gram kalau dihitung ada beberapa puluh biji saja dan bila ditanam hanya beberapa bedeng kecil. Untuk satu hektar lahan di butuhkan bibit jagung manis sekitar 42-49 bungkus,kalau per bungkusnya 65rb ,bisa dihitung  sendiri uang yang dikeluarkan untuk bibit saja.


                                        



Kalau saat panen harga jagung manis pas tinggi ,pengeluaran untuk biaya tanam bisa di tutup dan masih mendapat keuntungan. Bila saat panen harganya murah / jatuh akan terasa sekali kerugian yang di terima petani.

 Untuk solusi masalah ini terutama bibit jagung manis ,kita bisa membuat sendiri bibitnya . Ada pengalaman sendiri yang tidak sengaja saat itu, ketika jagung manis harganya murah sekali, ( jenis Talenta )  pada saat tanaman jagung manis akan panen ,ditunda beberapa hari dan berasumsi bahwa harga jagung manis akan naik, eh ternyata tidak naik –naik, setelah dilihat buahnya , kok makin menyusut / kisut ,dan setelah di tawarkan ke pedagang ,tidak mau membeli alasannya saat panen terlambat tiga hari dan buahnya sudah tidak segar lagi. Ya, sudahlah akhirnya dibiarkan sampai tua ,berfikir untuk makanan ayam saja dari pada dibuang.

Pada saat tanaman jagung manis umur 100 -an hari ,batang jagung ,klobot / pembungkus buah jagung telah kering dan biji jagung makin menyusut ,tanaman jagung manis di panen dan dijemur di halaman rumah ,setelah kering di kumpulkan dan ditaruh disak/ dikarung dan untuk makanan ayam.

Beberapa bulan kemudian ,pada saat tanam jagung manis kekurangan bibit hampir 1 petak, dan teringat dirumah ada jagung manis yang sudah kering maka di cobalah jagung masih hasil panen sendiri untuk ditanam di satu petak tadi, eh, ternyata setelah tumbuh kok mirip dengan bibit kemasan pabrik, kemudian dirawat seperti biasanya dan terus diamati sampai panen ,pada saat panen diamati dan dibandingkan antara buah  dari bibit kemasan pabrik dan bibit dari panen sendiri, ternyata hasil nya tidak jauh berbeda ,mungkin hanya ada perbedaan sedikit pada buahnya yang bisa penuh sampai menutup janggelnya.



                            



Setelah itu , saya menanam sendiri bibit jagung manis untuk bibit , cara tanamnya harus di pisah dari tanaman jagung lainnya agar nanti bibitnya tetap murni tidak tercampur/ kawin silang dengan tanaman jagung lainnya. Kalo saya menanam bibit jagung manis ini pada saat tanam padi atau musim tanam padi , bibit jagung manis ditanam di galengan / parit  . Setelah tua dipanen dan dijemur sampai kering ,kemudian dipipil dan dicampur insektisida Mashall dan acrobat, sirkus ( bahan aktif Dimertomorf ) kemudian bisa ditanam atau disimpan.lihat di http://bit.ly/2ovGlwp

Demikian pengalaman cara membuat bibit jagung manis  sendiri .semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat di http://bit.ly/2ovGlwp.



4 Responses to "CARA MEMBUAT BIBIT JAGUNG MANIS SENDIRI"

  1. Pengalaman hidup adalah guru terbaik buat kita. Terima kasih pak samuji yg telah berbagi pebgalaman dalam membuat bibit jagung manis ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama- sama P. parman ,itu pengalaman yang tak sengaja

      Delete
  2. Maaf bos... Selama didalam karung bibit jagung tidak diolah..maksudnya tdk dicampur dengan obat

    ReplyDelete
  3. Maaf bos... Selama didalam karung bibit jagung tidak diolah..maksudnya tdk dicampur dengan obat

    ReplyDelete