Latest News

PENYAKIT TANAMAN JAGUNG DAN CARA PENGENDALIANNYA



PENYAKIT TANAMAN JAGUNG , Penyakit yang sering menyerang tanaman jagung dapat mengurangi hasil panen hingga 60 persen bahkan sampai gagal panen bila tidak segera diatasi ,atau penanggulangannya kurang tepat sasaran,misalnya penyemprotan tidak memakai pestisida yang pas dan sesuai dengan penyakit tanaman jagung .

Berikut ini  penyakit yang sering menyerang tanaman jagung:

1.     Hawar Daun

               
                      



Penyakit Hawar daun biasanya menyerang tanaman jagung pada daun bagain bawah kemudian naik ke daun bagaian atas . serangan pertama ditandai dengan adanya bercak kecil pada daun jagung berbentuk oval kemudian berkembang dan memanjang berbentuk ellips dan terus memenuhi daun jagung . pada serangan yang berat dapat menyebabkan tanaman jagung mati.

Cara penanggulanganya: bila tanaman jagung sudah berbuah /janten ,maka hanya perlu dilakukan pembersihan daun jagung bagain bawah ( di oseti ,jw) yang terkena penyakit dan di buang jauh atau di bakar .

Bila tanaman jagung masih berusia muda /belum berbuah ,maka dilakukan penyemprotan dengan fungisida bahan aktif Mancozeb, Tiram /Ziram takaranya 2-3 sendok makan tiap 1 tangki seprayer ukuran 17 liter.
Cara penyemprotan dari bawah dan atas daun secara merata.


2.     Karat daun


           
                        



Penyakit karat daun  biasanya menyerang tanaman jagung yang berumur diatas 60 hst .Penyakit ini disebabkan oleh jamur Puccinia polysora ,menyerang daun jagung ditandai dengan adanya bintik –bintik  kuning kemerahan kemudian menyebar ke daun sehingga menggangu fotosintesis daun ,pada serangan yang hebat dapat mengakibatkan tanaman jagung mati.

Cara penaggulangan : Dengan membersihan daun yang terserang penyakit dan membuang atau dibakar atau dengan disemprot dengan fungisida bahan aktif Benomil dan Iprodium ,dengan takaran 1-2 sendok makan per tangki sprayer /17 liter.



3.     Busuk batang


                



Penyakit busuk batang disebabkan oleh cendawan yang menyerang tanaman jagung biasanya mulai umur 50 hst,serangan ditandai dengan perubahan warna pada batang yang terserang penyakit dari hijau menjadi kecoklatan batang akan rapuk dan menjadi mudah roboh.

Cara pengendaliannya : untuk pencegahan dan pada serangan awal gunakan fungisida bakterisda seperti: Carsiben, Baktocyn


4.     Busuk tongkol



                        




Penyakit busuk tongkol menyerang tanaman jagung di ditandai dengan adanya bercak  besar warna coklat di klobot jagung  setelah 2 minggu kemudian menjalar ke dalam dan menyebabkab buah menjadi kisut dan kemudian kering mati.Serangan paling cepat menjalar terjadi saat musim hujan.

Cara penanggulangannya : bila terlihat bercak pada klobot jagung segera semprot dengan fungisida bahan aktif Benomil dengan takaran 2-3 sendok tiap tangki semprot/ 17 liter air.



5.     Penyakit Bulai jagung


                  



Penyakit Bulai jagung adalah penyakit yang sulit di atasi dan dapat menyebabkan gagal panen .Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit bulai ini lebih jelasnya lihat di Penyakit bulai pada jagung dan cara pencegahannya.


Demikian beberapa  Penyakit tanaman jagung dan cara pengendaliannya .Semoga bermanfaat.


0 Response to "PENYAKIT TANAMAN JAGUNG DAN CARA PENGENDALIANNYA"