Latest News

HAMA BUNDEL /BRENDEL PADA TANAMAN JAGUNG DAN CARA PENCEGAHANYA.



HAMA BUNDEL / BRENDEL PADA TANAMAN JAGUNG DAN CARA PENCEGAHANNYA. Hama bundel adalah menyerang pucuk daun tanaman jagung sehingga tanaman tidak mempunyai  bunga jantan dan hasilnya biji jagung tidak merata bahkan tidak ada /bogang karena kekurangan bunga jantan. Bila menyerang tanaman jagung yang masih umur satu minggu akan terlihat seperti kerdil .

                  




Hama yang menyebabkan adalah jenis kutu dan ulat penggerek  bila tanaman masih kecil dan yang sudah berumur sekitar 45 hst adalah ulat penggerek bunga / pucuk   (Helicoverpa armigera )

Pada saat musim hujan  serangan ini lebih banyak pada tanaman jagung  dewasa ,gejalanya awal jarang terlihat ,tiba –tiba saat waktunya  berbunga, bunga tidak muncul atau terlihat sangat sedikit , maka akan terganggu penyerbukannya.



                               



Ada beberapa cara untuk mencegah hama ini .Berikut ini yang sering dilakukan oleh petani untuk mencegah hama bundel.

1.     Saat tanaman baru berumur satu minggu harus dilakukan pencegahan yaitu dengan menyemprotkan Insektisida bahan aktif Abamectin (Agrimec, Demolish ,Okrite) dengan takaran  ¼- ½  sendok makan tiap satu tangki semprot ukuran 17 liter. Dan bisa ditambahkan fungisida atau pupuk daun cair.

2.     Saat tanaman jagung umur tiga minggu beri Insektisida tabur berbahan Karbofuran ( Furadan ) Insektisida ini di taburkan pada pucuk daun tanaman jagung dan masuk ke lubang pucuk.

3.     Dan terakhir pada umur 40 hari di taburkan lagi Insektisida Karbofuran (Furadan ) untuk dosis pemakainnya 14 kg per hektar.





Biasanya itu yang dilakukan petani untuk mencegah penyakit bundel pada tanaman jagung yaitu menaburkan Insektisida Karbofuran ( Furadan ) jangan sampai keliru dengan Insektisida bahan aktif Fipronil yaitu Regent .Kalau menggunakan Insektisida Regent tanaman jagung tidak tahan / kuat ,pupus pucuk daun akan terbakar dan tanaman mati,itu pengalaman saya.


Demikian tentang hama bundel /brendel dan cara pencegahannya, semoga bermanfaat .


0 Response to "HAMA BUNDEL /BRENDEL PADA TANAMAN JAGUNG DAN CARA PENCEGAHANYA."