Latest News

CARA MENYEMAIKAN BIJI PALEM DI POLIBAG



Cara menyemaikan biji palem di polibag ,Tanaman palem adalah jenis tanaman hias dari suku Arecaceae ,Tanaman  ini mempunyai banyak macam  ada palem Ratu,palem Botol ,palem Putri ,palem Jenggot,palem Phonix dan masih banyak lagi.tanaman ini mempunyai bentuk yang sangat indah ,sehingga banyak orang yang menyukainya untuk tanaman hias yang diletakkan di taman  rumah .



                             



Tanaman palem mudah hidup dan  di kembangbiakan ,untuk memgembang biakkan ada dua cara yaitu  dengan generatif dan vegetatif ,kali ini saya akan menyampaikan cara generatif yaitu  biji dengan menyemaikan di polibag agar memudahkan untuk memindahkannya dan juga mencegah tanaman stes saat di tanam .


Bahan yang perlu disiapkan antar lain:

1.     Polibag
Sediakan plastik polibag ukuran sedang diameter 30 cm ,tinggi 15 cm,plastik ini tersedia di toko bunga atau toko pertanian.
2.     Bokashi
Bokashi adalah pupuk dari kotoran ternak yang sudah di fermentasi sehingga sudah tidak mengandung gas amoniak yang menyebabkan tanaman mati . Pupuk bokashi sudah mengandung unsur hara lengkap yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman.
3.     Bibit palem

                            


Bibit palem di peroleh dari buah  palem yang sudah tua kemudian di jemur sampai kering ,kemudian baru dapat di semaikan ,lebih baik biji palem di rendam dulu 24 jam kemudain di tiriskan dan di bungkus dengan kain kira kira 2-3 hari agar tunasnya cepat tumbuh ,pilih jenis palem yang diinginkan untuk disemaikan.
4.     Keperluan lainnya ( air ,sekop kecil ,dll)

Cara menyemaikan bibit palem di polibag

Bokashi di masukkan ke dalam polibag sampai penuh dan sisakan sedikit plastik untuk menahan air bila dilakukan penyiraman, kemudian siram sampai basah merata ,selanjutnya benamkan biji palem kedalam bokashi kira kira 3 cm kemudian di tutup dengan  tanah.

Perawatan tanaman palem di polibag

Lakukan penyiraman dengan rutin tiap 2 hari sekali atau bila tanah di polibag terlihat agak kering.


                      



Bersihkan rumput pengganggu yang tumbuh di dalam polibag,agar pertumbuhan bibit palem tidak terganggu.
Gunakan pupuk kimai seperti Npk untuk starter agar pertumbuhan cepat dan vigor . takarannya 1 sendok makan untuk tiap polibag atau disesuaikan dengan tinggi dan besar tanaman.


Untuk penanggulangan hama dan penyakit

 Di persemaian biasanya juga ada hama yang  menyerang daun palem ulat dan jenis serangga ,semprot dengan insektisida kimia agar cepat pulih.sedangkan untuk mengendalikan penyakit dan bakteri gunakan fungisida yang ada kandungan bakterisida.

Tanaman palem bisa di pindah dari persemaian sebaiknya yang  mempunyai tinggi minimal 1 meter .


                                    



Demikian tentang cara menyemaikan biji palem di polibag,semoga bermanfaaat dan selamat mencoba.


0 Response to "CARA MENYEMAIKAN BIJI PALEM DI POLIBAG"